Bismillaah….

Berikut ini adalah amalan-amalan ringan dan berpahala tapi jarang dilakukan. Yang menjadi ciri khas amal tersebut adalah ringan dan mudah diamalkan. harapannya, kita dapat mengisi waktu dengan amal yang bernilai pahala, sehingga jatah umur yang kita miliki bertambah berkah. Disamping, tentu saja mengamalkannya akan menambah kecintaan kita kepada Sang Junjungan, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

1. Senyum kepada sesama muslim

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu“

2. Menunggu hidangan panas hingga dingin

Bila Asma’binti Abu Bakar.ra membuat roti, ia menutupnya sampai hilang panasnya lalu berkata “Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah SAW bersabda : ‘Sesungguhnya, hal itu membuat berkah lebih besar’“ (As-Silsilah Ash-Shahihah:I/676)

3. Tidak tidur sambil tengkurap

“Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang tidak disukai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Ahmad dan Al-Hakim)

4. Tidak sering keluar malam

5. Tidak banyak tertawa

“Janganlah kalian banyak tertawa, karena banyak tertawa akan mematikan hati.” (HR. At-Tirmizi no. 2227, Ibnu Majah no. 4183, dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 7435)

6. Merumahkan anak saat malam tiba

7. Mengucapkan salam kepada orang yang dikenal dan tidak dikenal

“Sesungguhnya di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah manusia tidak mau mengucapkan salam kepada orang lain kecuali yang dikenalnya saja”. [Hadits Riwayat Ahmad. Musnad Ahmad 5:326. Ahmad Syakir berkata ‘Isnadnya Shahih’]

8. Makan dan Minum Sambil Duduk

Dari Anas dan Qatadah, Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata: ”Bagaimana dengan makan?” beliau menjawab: “Itu kebih buruk lagi”. (HR.Muslim dan Turmidzi)
bersabda Nabi dari Abu Hurairah,”Jangan kalian minum sambil berdiri ! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan !” (HR. Muslim)

9. Membunuh cicak

“Barangsiapa membunuh cicak dengan sekali pukul, maka baginya 100 pahala, dan siapa yang membunuhnya dengan 2x pukul, maka baginya sekian pahala (dibawah yg pertama), dan bila membunuhnya dengan 3x pukul maka pahalanya lebih sedikit lagi”. (HR. Muslim).

10. Memakai Alas Kaki dengan mendahulukan yang kanan dan melepasnya dengan mendahulukan yang kiri

“Jika kalian memakai sandal, maka hendaklah dimulai yang kanan dan bila dicopot maka hendaklah mulai yang kiri. Sehingga kaki kanan merupakan kaki yang pertama kali diberi sandal dan kaki terakhir yang sandal dilepas darinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

11. Meletakkan (menutupkan) kedua telapak tangan di mulut ketika menguap

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu : Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, “menguap adalah dari setan. Karena itu, apabila salah seorang dari kalian menguap, tutuplah serapat mungkin karena ketika salah seorang dari kalian berkata ‘huah’ (pada saat menguap), setan akan menertawakannya”.

12. Makan sebelum melakukan Shalat ‘Ied(iedul fithri)

“Rasulullah dahulu tidak keluar (berangkat) pada saat Iedul Fithri sampai beliau makan dan pada Iedul Adha tidak makan sampai beliau kembali, lalu beliau makan dari sembelihan kurbannya.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, sanadnya hasan)

13. Berdoa Ketika memakai Baju Baru

Dari Abi Said Al Khudri di berkata : Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila akan memakai pakaian yang baru, Beliau namakan dengan namanya baik di Sorban, Qamish atau mantel kemudian Beliau berdo’a “ Allahumma Lakal Hamdu Anta Kasaitanihi As’aluka Khairanhu Wa Khaira Mashuni’a Wa A’udzubika Min Syarrihi Wa Syarrama Shuni’a Lahu”.
(HR. Abu Dawud – Kitabul Libas – Bab Ma Yaqulu Idza Labisa Tsaubah Jadidan – No. 4020, HR. At tirmidzi – Kitabul Libas – Bab 29 / Ma Yaqulu Idza Labisa Tsauban Jadidan – No. 1773 )

14. Berkumur ketika Minum Susu

Ubaidillah bin Abdillah bin Utbah meriwayatkan dari Ibnu Abbas : “Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam minum susu kemudian berkumur (dengannya), lalu beliau berkata, “Sesungguhnya susu itu mengandung lemak…”. (HR. Al-Bukhori).

15. Shalat ketika Pulang dari Perjalanan (safar)

Ka’b bin Malik meriwayatkan : “Apabila Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam datang dari perjalanan, beliau memulai (singgah) di masjid kemudian mendirikan shalat di dalamnya.” (HR. Al-Bukhori).

16. Sholat Witir, Shalat Dhuha dan Puasa Tiga Hari Setiap Bulan

Banyak umat Islam melupakan tiga ibadah sunnah diatas. Padahal Insya Allah, orang yang menjaga ketiga-tiganya termasuk golongan orang-orang saleh. Abu Hurairah berkata : “Kekasihku (Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam) mewasiatkan tiga hal kepadaku, aku tidak pernah meninggalkannya sampai mati; puasa tiga hari pada setiap bulan, shalat dhuha dan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Al-Bukhari)

17. Menangis ketika membaca Al-Qur’an

Imam Ghazali berkata : “Disunnahkan menangis ketika membaca Al-Qur’an. Caranya yaitu dengan menghadirkan kesedihan dan ketakutan dalam hati dengan merenungkan ancaman yang keras serta berbagai perjanjian berat, lalu hendaknya ia melihat betapa sangat lengahnya ia dalam masalah tersebut. Jika tetap saja tidak ada kesedihan hatinya, ketahuilah ini adalah salah satu musibah terbesar baginya.”

18. Mengibasi (Jawa : ngebuti) kasur atau tikar ketika hendak tidur

19. Melakukan Tahnik (Memamahkan kurma dan sejenisnya yang sudah dilembutkan ke dalam rongga mulut) bayi yang baru lahir.

20. Shalat Isthikarah

21. Bernafas tiga kali ketika minum

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bernafas tiga kali ketika minum. Lalu beliau bersabda : “Sesungguhnya yang demikian itu lebih menyenangkan, lebih baik, lebih bermanfaat dan lebih menyehatkan.” (HR.Muslim)

Adapun caranya, kita minum lalu melepaskan gelas dari mulut untuk menghela nafas sebentar, lalu minum lagi dan demikian dilakukan sebanyak tiga kali. Demikian seperti dijelaskan Ibnu Qayyim berdasarkan hadits shahih riwayat Ibnu Majah.

22. Ziarah Kubur untuk mendapatkan Pelajaran

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Dulu aku melarang kalian berziarah kubur, (sekarang) ziarahlah, karena sesungguhnya kubur itu mengingatkan kalian kepada Akherat.” (HR.Muslim)

23. Berdiam di masjid untuk shalat dan dzikir

24. Tidak mengantuk Saat Khutbah Jum’at

“Jika salah seorang dari kalian mengantuk di masjid pada hari jum’at, hedaknya ia berpindah dari tempat duduknya ke tempat lainnya” (As-Silsilah Ash-Shahihah:1/760z)

25. Jangan Duduk di Antara Sinar Matahari dan Naungan

“Jika seseorang di antara kalian berada di tempat teduh, lalu keteduhannya berkurang hingga sebagiannya di (sinar) matahari dan sebagian lagi di keteduhan hendaknya ia berdiri ” (Ash-Shahihah:II/514)
Dalam hadist lain, Beliau menamainya dengan ‘Majelis (tempat duduk) setan’ (Ash-Shahihah:II/514)

26. Rebahan Setelah Sholat Sunah Qabliyah Subuh

‘Aisyah menuturkan ” Apabila muazin selesai mengumandangkan azan Shalat Subuh, beliau (Nabi Muhammad) berdiri untuk melaksanakan sholat sunah qabliyah subuh, setelah fajar terang. Kemudian beliau membaringkan badan ke sebelah kanan hingga muazin datang untuk mengumandankan iqamat” ( Sahih Bukhari, kitabul adzan(626). Sahih Muslim, Kitabu shalatil musafirin (427).

Wallahu a’lam

.