SUMBER PENYAKIT DASARNYA 90% BERASAL DARI HATI DAN PIKIRAN, 10 % DARI YANG LAINNYA

Dalil : Firman Allah SWT :

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar dari kesalahan-kesalahanmu. Dan kamu tidak dapat melepaskan diri (dari azab Allah) di muka bumi, dan kamu tidak memperoleh seorang pelindung dan tidak pula penolong selain Allah”. (QS: As Syuura ; 30-31)

“Barangsiapa yang mengerjakan dosa (akibat kelalaian hati dan pikiran yang jahat), maka sesungguhnya ia mengerjakannya untuk (kemudharatan) dirinya sendiri. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS: An-Nissa :111).

Kelalaian atau keburukan hati baik yang terkait dengan akhlaq menyangkut seperti pendendam, pemarah, penipu, perusak, iri, dengki hasad, hasud, serakah, pikiran pikiran kotor dll adalah pemicu dasar tumbuhnya atau lahirnya suatu penyakit.

Contoh jika memiliki sifat rakus, maka akan memakan apa saja yang melebihi rasa kenyangnya hingga perut seolah tak mampu menampungnya….
Pikiran licik seperti mengambil yang bukan haknya (korup) maka menyebabkan hati selalu dag dig dug hingga menimpa aliran darah dalam jantung tak teratur… pikiran pusing, hatipun khawatir terus… hingga menyebabkan stress dan memunculkannya berbagai penyakit.

Sabda Rasulullah Muhammad SAW :
“Ketahuilah, sesungguhnya pada setiap jasad ada sekerat daging, apabila dia baik maka baik seluruh anggota jasad, apabila dia jelek maka jelek semua anggota jasad, ketahuilah dialah hati.” (HR. Bukhori)

Kesehatan itu adalah nikmat terbesar yang dianugerahkan Allah kepada manusia. Tidak ada gunanya uang berlimpah, rumah mewah, kendaraan terbaru, tetapi tubuh si pemiliknya terbaring akibat serangan penyakit.

Karena itu, jagalah kesehatan dengan sebaik-baiknya, hargailah nikmat Allah ini dengan selalu memfungsikan kesehatan untuk selalu berbuat kebaikan. Taburlah kebaikan selagi sehat!

Lantas bagaimana cara orang menghindari penyakit? Banyak yang mengira bahwa penyakit itu berasal dari makanan, pola konsumi dan lain sebagainya. Ini ada benarnya, tapi tidak benar sepenuhnya.

Penelitian menunjukkan bahwa pengaruh makanan terhadap penyakit tidak lebih dari 10% saja di samping pengaruh lain seperti cuaca dan alam.

Selebihnya, ternyata 90% penyebab penyakit itu berasal dari hati dan pikiran (yang kotor atau jahat). Barangkali anda kurang percaya, tapi mudah saja membuktikannya, silahkan perhatikan orang gila yang makan dari makanan-makanan yang tidak higienis dan kadang menjijikkan, tapi ternyata tubuh mereka tetap sehat, kenapa? Karena fikiran dan hatinya sudah tidak diberi beban kewenangan (tanggungjawab), mereka selalu bahagia dan happy!

Penelitian terbaru di dunia medis menunjukkan betapa bahanya fikiran yang buruk terhadap kesehatan. Silahkan simak baik-baik hasil penelitian berikut ini:

1) MARAH, selama 5 menit akan menyebabkan sistem imun tubuh kita mengalami depresi 6 jam.

2) DENDAM DAN MENYIMPAN KEPAHITAN akan menyebabkan imun tubuh kita mati.. Dari situlah bermula segala penyakit, seperti STRESS, KOLESTEROL, HIPERTENSI, SERANGAN JANTUNG, RHEMATIK, ARTHRITIS, STROKE (perdarahan / penyumbatan pembuluh darah).

3) Jika kita sering membiarkan diri kita STRESS, maka kita sering mengalami GANGGUAN PENCERNAAN.

4) Jika kita sering merasa KHAWATIR, maka kita mudah terkena penyakit NYERI PUNGGUNG.

5) Jika kita MUDAH TERSINGGUNG, maka kita akan cenderung terkena penyakit INSOMNIA (susah tidur).

6) Jika kita sering mengalami KEBINGUNGAN, maka kita akan terkena GANGGUAN TULANG BELAKANG BAGIAN BAWAH.

7) Jika kita sering membiarkan diri kita merasa TAKUT yang BERLEBIHAN, maka kita akan mudah terkena penyakit GINJAL.

8) Jika kita suka ber-NEGATIVE THINKING, maka kita akan mudah terkena DYSPEPSIA (penyakit sulit mencerna).

9) Jika kita mudah EMOSI dan cenderung PEMARAH, maka kita bisa rentan terhadap penyakit HEPATITIS.

10) Jika kita sering merasa APATIS (tidak pernah peduli) terhadap lingkungan, maka kita akan berpotensi mengalami PENURUNAN KEKEBALAN TUBUH.

11) Jika kita sering MENGANGGAP SEPELE semua persoalan, maka hal ini bisa mengakibatkan penyakit DIABETES.

12) Jika kita sering merasa KESEPIAN, maka kita bisa terkena penyakit DEMENSIA SENELIS (berkurangnya memori dan kontrol fungsi tubuh).

13) Jika kita sering BERSEDIH dan merasa selalu RENDAH DIRI, maka kita bisa terkena penyakit LEUKEMIA (kanker darah putih).

Jadi, sudah siapkah anda membersihkan hati dan fikiran kita agar penyakit tak mendatangi tubuh kita???

Semoga dengan memperbaiki hati dan pikiran kita, dan selalu memohon perlindungan Allah penyakit tak mudah datang  dan kita selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT.
Aamiin.

.