image

8 Manfaat Buah Sirsak: Obat Alami Penghilang Bisul sampai Mengobati Hipertensi

Menghilangkan bisul

Manfaat buah sirsak yang pertama adalah dapat menghilangkan bisul. Tidak hanya bisa diobati dengan obatan medis saja, penyakit bisul juga bisa diobati dengan obat alami, salah satunya menggunakan buah sirsak.

Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu pisahkan buah sirsak dari bijinya. Lalu haluskan dengan blender hingga seperti bubur. Tempelkan pada bagian yang bisul, diamkan beberapa menit sampai mengering. Bilas dengan air hangat hingga bersih.

Selain buah sirsak, kita juga bisa memanfaatkan daunnya. Caranya mudah, ambil 5-10 lembar daun sirsak yang muda, lalu tempelkan ditempat yang terkena bisul hingga bisul mengering.

Mengobati diare pada Bayi

Diare atau buang air besar yang berlebih tidak hanya bisa dirasakan oleh kita yang dewasa, bayipun bisa terkena diare. Untuk mengatasinya kita bisa memanfaatkan buah sirsak untuk obat alami. Kandungan serat yang terdapat dalam buah sirsak inilah yang berkhasiat untuk mengobati diare pada bayi.

Cara untuk membuatnya yaitu, siapkan buah sirsak yang sudah masak/matang. Kemudian peras dan saring buah sirsak untuk diambil airnya saja. Minumkan pada bayi 2-3 sendok makan.

Mengatasi Migran

Migran atau sakit kepala sebelah bisa  diatasi dengan obat alami, salah satunya dengan mengkonsumsi buah sirsak. Hal ini dikarenakan buah sirsak memiliki kandungan riboflavin atau Vitamin B2 yang cukup tinggi. Vitamin inilah yang berperan untuk mengatasi migrant.

Caranya bisa langsung memakan buah sirsak yang sudah masak/matang. Bisa juga dengan membuatnya menjadi jus sirsak tanpa gula.

*Baik untuk Kesehatan Tulang *

Manfaat buah sirsak lainnya yaitu, baik untuk kesehatan tulang dan juga dapat mencegah osteroporosis. Buah sirsak memiliki kandungan mineral yaitu fosfor dan kalsium yang baik untuk pembentukan massa tulang, sehingga dapat membentuk tulang yang kuat dan terhindar dari oesteoporosis.

Menghilangkan Kolesterol Jahat

Buah sirsak mengandung serat yang cukup banyak, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Dalam 100 gram daging buah sirsak ternyata bisa memenuhi kebutuhan serat manusia. Serat inilah yang juga berperan baik untuk menurunkan dan menghilangkan kolesterol jahat.

Menjaga Imunitas Tubuh

Selain mengandung serat dan mineral yang tinggi, buah sirsak juga kaya akan kandungan Vitamin C yang bermanfaat  untuk menjaga sistem imun dalam tubuh. Selain itu Vitamin C dalam buah sirsak juga berperan penting dalam mengangkan radikal bebas dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Jadi jika ingin tubuh tetap sehat dan imun tubuh kuat, konsumsilah buah sirsak. Baik itu dimakan secara langsung atau dijadikan jus sirsak. Konsumsilah secara teratur dan jangan berlebihan.

Mengobati Hipertensi

Tidak hanya daun sirsaknya saja yang bisa mengobati hipertesni, buah sirsaknya pun juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati hipertensi. Beberapa penelitian membuktikan bahwa buah sirsak ini mampu mengobati penyakit hipertensi, hal ini dikarenakan buah sirsak mengandung zat-zat yang mampu mengatasi terjadinya hipertensi.

Maka konsumsilah buah sirsak setiap hari atau sesuai anjuran dokter agar terhindar dari hipertensi.

Menjaga Kelembaban Kulit

Selain bermanfaat baik untuk kesehatan, buah sirsak juga baik untuk perawatan kecantikan alami. Kandungan Vitamin C pada buah sirsak inilah yang dapat melembabkan kulit dan juga membuatnya menjadi cerah.

Cara untuk membuat kulit lembab yaitu bisa dengan langsung mengkonsumsi buah sirsak, atau dibuat menjadi jus sirsak, dan bisa juga dijadikan masker alami. Dengan pemakaian dan pengkonsumsian yang teratur maka kulit akan lembab dan cerah.

.