5 Khasiat Buah Alpukat Untuk Kebugaran Tubuh

by Nirwasita Nismara

Buah alpukat merupakan buah yang sudah familiar bagi masyaraka Indonesia. Tak jarang sebagian dari penduduk bahkan mempunyai pohon alpukat yang dibudidayakan sendiri. Karena sebagian besar masyarakat Tanah Air tahu tentang khasiat alpukat yag begitu besar bagi kebugaran tubuh.

Alpukat identik dengan kata ‘jus’, namun selain dijus alpukat juga bisa dimakan dengan cara lain. Misalnya saja dijadikan salad, atau bahkan hanya dimakan biasa. Dagingnya yang lembut membuat alpukat diminati berbagai kalangan, dari orang tua hingga menjadi makanan bayi.

Alpukat sering disebut juga buah ajaib. Karena banyak kandugan vitamin, lemak baik, dan zat lainnya yang diperlukan tubuh untuk tumbuh kembang. Berikut adalah lima khasiat buah alpukat untuk kebugaran tubuh.

1.    Menguatkan jantung. Kandungan asam oleat tak jenuh tungga, vitamin E, folat, kalium, pitosterol mampu menjaga dan menguatkan organ jantung.

2.    Menutrisi Kulit. Kandungan asam lemak omega 9, sumber antioksidan, vitamin E, vitamin C serta kolagen membantu kulit untuk mendapatkan nutrisi agar tetap segar dan sehat.

3.    Mencegah Diabetes. Alpukat yang tinggi kandungan lemak tak jenuh tunggal dan kalium akan ikut meningkatkan hormon insulin yang berupakan salah satu pencegah terjadinya diabetes. Diabetes sendiri adalah kurangnya kadar insuli dalam darah sehingga tidak bisa mengontrol kadar gula.

4.    Mengurangi peradagan pada sendi. Lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, vitamin C serta pitosterol membantu tubuh untuk menyingkirkan segala jenis peradangan yang menyerang bagian tubuh seperti pada bagian sendi.

5.    Mencegah stroke. Oksidasi kolesterol yang ada di dalam tubuh dapat terjadi dengan cepat akibat kandungan vitamin E yang terkandung di dalam alpukat. Penimbunan kolesterol itu sendiri dpat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan mengakibatkan lumpuh bahkan stroke.

image

.