Keindahan surga sangat luar biasa sehingga tidak bisa dijangkau dengan angan-angan manusia.
Allah berfirman:
“Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam kenikmatan) yang menyejukkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang mereka kerjakan” (QS. As Sajdah : 17).

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda: Allah Azza Wa Jalla berfirman: “Aku persiapkan bagi hamba-hamba-Ku yang sholeh kenikmatan (di surga) yang tidak pernah terlihat oleh mata, tidak pula terdengar oleh telinga dan tidak pernah terlintas dihati manusia” (HR. Bukhari: 3244 dan Muslim: 2824).

Luasnya Surga.
Surga sangat luas seperti luasnya langit dan bumi yang tercantum dalam Al-Quran: “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa” (QS. Ali Imron: 133).

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda: “Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di Tangan-Nya, sesungguhnya jarak antara dua sisi pintu dari pntu-pintu surga seperti jarak antara Makkah dan Hajar (Kota dekat
Dammam dan Ahsa’).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tanah, Kerikil, Batu Bata di Surga.
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda: “Batu bata (di surga) dari emas dan dari perak, lumpur (untuk mengecat) dindingnya terbuat dari minyak kesturi, kerikilnya terbuat dari mutiara dan intan, tanahnya terbuat dari minyak za’faron.” (HR. Ahmad).

Rumah dan Istana di Surga.
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda: “Aku masuk surga, tiba-tiba aku melihat istana yang terbuat dari emas”. (HR. Tirmidzi).

Rosulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda: “Barangsiapa membaca Qul Huwallahu Ahad
(Surat Al-Ikhlash) dan menghatamkannya sepuluh kali, maka Allah akan membangunkan
baginya istana di surga”.

Umar berkata: “Kalau begitu istana kita banyak Ya Rasulallah”
Beliau bersabda: “Apa-apa yang disisi Allah lebih banyak dan lebih baik”. (HR. Ahmad: 4/103).

Wallahu ‘Alam

.